Tips Cara Memilih Hewan Qurban Yang Baik

August 06, 2019

Tips Cara Memilih Hewan Qurban Yang Baik
Cara Memilih Hewan Qurban Yang Baik - 11 Agustus 2019 merupakan hari raya Idul Adha, semua masyarakat muslim diseluruh dunia memiliki suatu persiapan dihari yang fitra tersebut, salah satunya adalah memilih hewan qurban.

Berbeda dengan Hari Raya Idul Fitri yang merupakan hari kemenangan atas puasa yang sobat jalani selama satu bulan penuh. Idul Ahda adalah hari raya Qurban.

Secara umum hewan yang akan dijadikan Qurban haruslah hewan yang halal dan sehat secara islam. Sekarang ini banyak sekali orang-orang diluar sana yang menjual berbagai hewan qurban, dan tentunya akan membuat sobat bingung memilih hewan qurban yang sehat dan halal.

Pastinya sobat pada hari qurban ini tidak mau ada yang salah pada hewan qurban sobat, atau hewan yang sobat pilih memiliki penyakit dan tidak sesuai dengan persyaratan, kan?

Berikut ini Tips dan Cara Memilih Hewan Qurban yang sehat dan halal.

1. Usia Hewan

Memilih hewan untuk di qurbankan adalah dengan Hewan Qurban yang baik dan cukup usia, untuk kambing dan domba usia yang layak adalah 12-18 Bulan, sedangkan untuk Sapi atau kerbau berusia 22 bulan.

Cara yang mudah untuk mengetahui usia hewan Qurban adalah melalui catatan kelahiran ternak yang dimiliki oleh sih pemilik. Selain melalui catatan kelahirna, sobat juga bisa melakukan medote cek gigi hewan.

Untuk Cek Gigi hewan yakni Gigi susu hewan tersebut telah tanggal (Dua Gigi Susu yang di depan). Dengan begitu menandakan ternak telah berumur sekitar 12-18 bulan, dan sapi atau kerbau sekitar berumur 22 bulan.

2. Tidak Cacat

Selain masalah Usia Umur Hewan yang perlu diperhatikan lainnya adalah memastikan hewan qurban sempurna tidak memiliki masalah cacat. Hewan yang cacat tidak akan sah untuk dilakukan qurban, dan contoh hewan yang cacat tidak layak di qurban adalah Buta, sakit, pincang, dan kurus.

Jika hewan-hewan tersebut memiliki cacat seperti diatas maka hewan tersebut tidak layak untuk dijadikan hewan qurban.

3. Nafsu Makan Yang Baik



Selain usia Hewan, cacat fisik maka selanjutnya adalah hewan yang harus diqurbankan memiliki nafsu makan yang baik. Dengan Kesehatan hewan qurban yang diperhatikan dengan baik.

Pastinya akan memiliki daya tertarik konsumen untuk mempercayai hewan tersebut layak untuk dijadikan hewan qurban. Dan langkah terbaik untuk menyakini sobat bahwa hewan tersebut benar-benar baik adalah menanyakan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

4. Perhatikan Kondisi Fisik Hewan

Setelah seusuai dengan usia, memiliki kesehatan yang baik dan selanjutnya sobat perhatikan kondisi fisik hewan qurban melalui mata, hidung dan anus.

Carilah hewan yang bersih pada bagian mata, hidung yang bersih dan tidak layak adalah kelopak mata yang berwarna pucat atau kuning tidak sangat disarankan.

Bagian hidung yang layak adalah hidung yang tidak mengeluarkan cairan basah, bersih dan hidung yang kelihatan basah. Dan satu hal lagi yang perku diperhatikan adalah kondisi proporsi tubuh yang standar.

Kalau sapi dan kerbau memiliki tulang punggung yang harus relatif rata, dan tanduknya seimbang, keempat kakinya simertis dan postur tubuh yang ideal.

5. Memilih Tempat Pembelian

Memilih tempat pembelian hewan qurban adalah salah satu yang sangat penting, dan jangan membeli hewan qurban yang diternak di tempat pembuangan sampah atau lainnya. Dikarenakan sangat perpontensi mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan tubuh hewan qurban.

Pilihlah loksi pembelian hewan yang menjul hewan ditempat yang bersih dan jauh dari berbagai polusi udara dan pembuangan sampah. Dengan memilih lokasi pembelian hewan yang baik maka hewan yang dijual juga akan lebih baik.


Nah, itulah Tips Cara Memilih Hewan Qurban Yang Baik, Bagi sobat yang inign membeli hewan qurban, lebih baik selalu perhatikan lebih seksama hewan qurban yang sobat beli apakah sudah sesuai dengan kriteria hewan Qurban yang sehat dan sah sesuai ajaran islam.

Sekian untuk artikel kali ini semoga bermanfaat buat sobat semuanya ya. Selamat Hari Raya Idul Adha!!

Happy Blogging!!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe

Tunggu Bentar...