Cara Mengatasi Blue Screen Laptop dan Komputer

August 09, 2019

Cara Mengatasi Blue Screen Laptop dan Komputer
Cara Mengatasi Blue Screen Laptop dan Komputer - Laptop sobat lagi mengalami masalah layar biru atau black screen? Disini saya akan membahas mengenai blue screen sesuai pengalaman saya dulu terkena balckscreen juga.

Blue Screen atau BSOD (Blue Screen Of Death) merupakan suatu pesan yang timbul berwarna biru yang ditampilkan oleh layar dekstop laptop atau komputer sobat sendiri.

Mungkin dari sobat yang pernah mengalami blue screen tidak asing lagi dengan salah satu faktor yang membuat sobat harus keluar uang untuk di service ke tukang service.

Dulu ketika saat saya masih SMP yaaa kisaran tahun 2015 an laptop saya mengalami Blue Screen dan pada saat itu saya sama sekali tidak tau itu blue screen dan cara mengatasinya.

Dulu sempat mau saya bawa ke tukarang service tapi saya coba otak-atik dirumah teman, lakukan restarting terus dan coba otak-atik dah pokoknya laptop saya pada saat itu, lagipula dulu saya masih newbie banget tentang teknologi dan yang saya tau cuma buka facebook wkwkw


Penyebab Terjadinya Blue Screen

Menurut buku pelajaran yang pernah saya baca ketika SMP dulu, penyebab terjadinya kalau tidak salah ada lima penyebab terjadinya blue screen. Nah, apa saja ketujuh penyebab terjadinya blue screen tersebut? silahkan sibak berikut ini ya!

DATA_BUS_ERROR

Penyebab terjadinya blue screen bisa terjadi karena kerusakan pada motherboard atau hardisk laptop atau komputer sobat, mungkin karena motherboard sudah lama atau ada yang lagi error motherboardnya.

PEN_LIST_CORRUPT
Penyebab kedua terjadinya blue screen adalah timbulnya sebuah pesan pada layar yang menuliskan PEN_LIST_CORRUPT, itu terjadi karena ada perangkat keras yang rusak, perangkat keras yang rusak kemungkinan adalah RAM.

INACCESSIBLE_EBOOT_DEVICE
Penyebab terjadinya blue screen yang ketiga adalah sering timbul tulisan INACCESSIBLE_EBOOT_DEVICE, kerusakan ini timbul karena rusaknya atau kesalahan dalam HARDDISK dan bisa juga disebabkan oleh virus boot.

UNEXPECTED_KARNEL_MODE_TRAP
Masalah keempat ini merupakan penyebab yang banyak/sering terjadi sama orang-orang termasuk saya juga, penyabab ini terjadi karena sobat terlalu lama bermain laptop/pc sehingga mengakibatkan laptop/pc sobat overhead (Kepanasa).

IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

Masalah yang kelima ini terjadi karena kesalahan pada saat penginstalan driver dan sering terjadi setelah melakukan install ulang laptop ataupun komputer.

Itulah kelima penyebab terjadinya blue screen kalau saya dulu kena blue screen pada laptop saya karena laptop saya kepanasan, maklum sering saya main dulu laptop saya dari pulang sekolah sampai malam wkwkkw.

Sebelum kita memasuki langkah cara mengatasi blue screen, ada kalanya kita mengetahui terlebih dahulu cara mencegah terjadinya blue screen yaaa seperti kata pepata mengatakan Lebih baik Mencegah daripada Mengobati. Ok, beirkut ini cara mencegah terjadinya Blue Screen Laptop atau Komputer

Pasang Antivirus

Nah, ini sangat penting ni untuk dipasang disetiap laptop/kamputer bagi sobat yang menggunakan windows 10 kebawah saya saran menggunakan antivirus seperti SMADAV, KASPERSKAY, AVAST dan lainnya.

Untuk Windows 10 saya sarankan juga menggunakan antivirus atau juga tidak juga tidak apa-apa dikarenakan menurut saya windows 10 memiliki antivirus bawaan dari windows.

Hindari Laptop Panas (Overhead)

Selain memasang antivirus maka selanjutnya adalah jangan sampai laptop panas, saya sarankan menggunakan PApan kipas khusus laptop dan hindari bermain laptop di kasur karena cepat lebih panas.

Kalau sobat sering bermain laptop yang sering panas maka akan berdampak buruk pada komponen-komponen dalam komputer seperti RAM, Motherboard dan lainnya.

Penginstalan Driver Yang Benar

Driver juga merupakan salah satu yang penting ketika selesai melakukan install ulang, nah sebelum memasang driver pada perangkat laptop sobat alangkah baiknya download driver yang sesuai dengan spesifikasi laptop sobat.

Nah itulah, cara mencegah terjadinya blue screen, ketika sobat sudah mengenal lebih dalam seputar blue sceen, nah mari kita masuk ke inti dari artikel ini yaitu tutorial cara mengatasi blue screen.

Cara Mengatasi Blue Screen


1. Membuka Safe Mode, Untuk sobat yang menggunakan Windows Xp/7/8 dan windows 10 sobat dapat membuka configurasi system dengan cara menekan tombol Logo WIndows + R dan ketikkan msconfig dan tekan enter pada keyboard sobat.

Cara Mengatasi Blue Screen Laptop dan Komputer

Setelah sobat masuk ke System Configuration maka selanjutnya sobat pilih menu "Boot" dan centang pada pilihan "Safe Boot" seperti pada kolom biru seperti gambar diatas, dan klik Apply.

2. Membuka Control Panel, Untuk membuka control panel sobat dapat melakukannya dengan melakukan pencarian dengan menekan tombol logo windows pada keyboard dan kteikkan Control Panel > System & Security > Action Center > Recovery > Open System Restore dan tunggu hingga finish.


Untuk melakukan restore memakan waktu yang sedikit lama, dan apabila ada muncul suatu tab baru sobat cukup klik next saja terus dan tunggu hingga proses selesai. JIka sudah selesai maka laptop sobat kembali lagi pada proses sebelum terjadinya blue screen.

Nah, itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Blue Screen, saya harap dapat membantu sobat semuanya ya!!! Salam dari imamkunblog.

Happy BLogging!!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe

Tunggu Bentar...