Cara Screenshot di Laptop & Komputer

August 07, 2019

Cara Screenshot di Laptop & Komputer - Screenshot atau sering disebut sebagai Screen Capture di Komputer ataupun laptop. Maupun di laptop atau Komputer untuk caranya sama yang hanya membedakannya adalah bentuk fisik dari laptop dan Komputer.

Kembali lagi pada topik utama dari artikel ini adalah Cara mengambil Screenshot di Laptop ataupun Komputer, sesungguhnya ada banyak cara untuk melakukan pengambilan screenshot di laptop maupun komputer.

Sobat dapat melakukan screenshot melalui aplikasi bantuan seperti Bandicam ataupun aplikasi lainnya, dan juga dapat sobat lakukan secara maunal dengan kombinasi shortcut keyboard komputer atupun laptop.

Sayangnya adalah pada melakukan screenshot melalui keyboard itu hanya akan menangkap secara keseluruhan pada layar monitor. Dan namun tenang jika sobat hanya ngin melakukan screenshot pada bagian tertentu saja sobat dapat menggunakan layanan Windows Accesorris yang 100% free.

Nah, bagaimana cara screenshot di laptop maupun komputer, silahkan simak tutorialnya dibawah ini dengan baik ya!!

Cara Screenshot di Laptop dan Komputer

Pertama sobat pilih bagian yang ingin sobat lakukan screenshot pada layar monitor laptop atau komputer sobat. Sebagai contohnya saya disini akan melakukan screenshot pada artikel saya ini.

Cara melakukan screenshot adalah dengan menekan CTRL+PrtSC pada keyboard laptop atau komputer.

Cara Screenshot di Laptop & Komputer

Setelah melakukan Screnshoot terhadap objek didepan layar monitor sobat maka selanjutnya sobat harus melakukan pencetakkan hasil screnshootnya untuk dibuat format gambarnya dengan cara buka aplikasi bawaan windows yang bernama "Paint".

Untuk cara membuka paint cukup menggunakan toolbar pencarian dan ketikkan "Paint" jikas udah ketemu silahkan dibuka. dan pastekan hasil screenshot tadi dengan CTRL + V atau dengan logo paste yang ada pada aplikasi Paint. contoh seperti dibawah ini.

Cara Screenshot di Laptop & Komputer

Setelah itu sobat lakukan penyimpanan dan menjadikan gambarnya memiliki format caranya, Klik File > Save as > Dan pilih format yang sesuai keinginan sobat. disini saya menggunakan format .gif.

setelah itu sobat beri nama pada gambar tersebut dab sobat simpan pada lokasi yang ingin sobat simpan gambarnya.

Dan selesai!! ini adalah cara screenshot untuk secara full pada layar monitor dan bagaimana jika ingin screenshot pada bagian tertentu yang diinginkan saja?

Caranya cukup mudah hanya dengan melakukan pencrian dan ketikkan "Snipping Tool" aplikasi tersebut bawaan dari window jadi semua windows memilikinya. nah silahkan sobat buka aplikasinya dan lakukan screenshot pada bagian tertentu dengan klik logo Gunting (New) pada aplikasi snipping tool dan silahkan sobat select pada bagian yang ingin diambil.

Cara Screenshot di Laptop & Komputer
Untuk Cara Save menjadikan gambar cukup tekan FILE > SAVE AS dan pilih format gambar dan barikan nama pada gambarnya. untuk format gambar sendiri hanya JPG dan PNG, tidak banyak seperti di Paint.

Bagaiman mudahkan sob..? Nah itulah Cara Mengambil Screnshoot di Laptop dan Komputer Dengan Mudah. Semoga dapat dengan mudah dimengerti ya sob!!

Happy Blogging!!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe

Tunggu Bentar...