Cara Membuat Mesin Pencari Khusus Google

August 08, 2019

Cara Membuat Mesin Pencari Khusus Google
Cara Membuat Mesin Pencari Khusus Google - Ketika datang untuk merayapi internet atau situs web tidak ada yang bisa mengalahkan teknik pencarian Google. Template Blogger yang ditemukan dalam berbagai desain dan warna sering memiliki kotak pencarian khusus di dalamnya, yang saya yakin sobat telah amati tidak mampu menampilkan hasil yang relevan.

Kotak pencarian ini secara default terbatas pada kemampuan mereka mencari setiap kata dari blog sobat. Solusi terbaik adalah menggunakan Google Custom Search Engine (CSE) yang sangat efisien dalam menggali data paling penting dari blog sobat dan menampilkannya kepada pengunjung.

Ini meningkatkan jumlah tayangan halaman dan tayangan halaman dari blog sobat karena pembaca terus terlibat dalam membaca semakin banyak. Selanjutnya sobat dapat dengan mudah mengintegrasikan Iklan Google AdSense Andake kotak Google Custom Search sobat, yang lagi-lagi meningkatkan pendapatan blog sobat untuk setiap klik yang dilakukan pada hasil pencarian. 


Contoh mesin pencari tersebut dapat ditemukan di blog-blog yang ada di google namun sayang masih banyak para blogger yang masih belum mengenal fitur ini. Jadi mari kita buat dan instal kotak Google Search yang indah untuk blog sobat.

Cara Membuat Mesin Pencari Khusus Google

1. Pertama Sobat Kunjungi Google Search Engine (CSE)

2. Setelah itu Sobat Klik "Buat Mesin Telusur Khusus"
3. Isi formulir yang tersedia dan sebagai contoh seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Membuat Mesin Pencari Khusus Google

Setelah sobat isi formulir diatas dengan benar dan dikira sudah yakin maka selanjutnya sobat klik "BUAT". Setelah sobat mengklik tulisan BUAT maka nantinya sobat akan dialihkan pada tampilan baru seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Membuat Mesin Pencari Khusus Google

Pada gambar diatas terdapat tiga pilihan yaitu "Dapatkan Kode", "URL Publik", dan "Panel Kontrol". Disini saya akan menjelaskan dari Panel Kontrol terlebih dahulu.

Sobat dapat mengklik tulisan "Panel Kontrol" untuk melakukan pengeditan mengenai mesin pencari yang sudah sobat buat, nah apa saja yang ada didalam Panel Kontrol? Sobat bisa lihat berikut ini isi yang ada pada panel kontrol.

Cara Membuat Mesin Pencari Khusus Google

Pada gambar diatas adalah isi dari Panel Kontorol, disini sobat bisa melakukan pengeditan seperti Memberi nama mesin telusur, Deskripsi Mesin telusur, kata kunci mesin telusur. Dan diatasnya lagi ada empat menu yaitu Dasar-Dasar, Iklan, Admin dan Lanjutan.

Pada menu dasar-dasar sobat bisa mengisi seperti pada gambar diatas yang telah saya berikan contoh, dan untuk menu kedua yaitu Iklan. Disini sobat dapat mengaktifkan iklan pada mesin penelusuran sobat dan pastinya akan menambah peningkatan pendapatn sobat.

Untuk Cara Mengaktifkan iklannya pada menu iklan cukup sobat klik menu iklan kemudian scroll kebawa dan cari tulisan Monetasi Mesin Penelusuran dan sobat klik Aktifkan dan aktif deh iklannya dimesin penelusuran.

Dan untuk menu admin sobat bisa menambahkan siapa saja yang bisa mengaksesnya tapi saya rasa fitur ini dapat sobat abaikan saja dan yang paling penting hanya fitur Dasar sama iklan saja yang perlu sobat edit.

Nah, jika sudah selanjutnya kita memasuki langkah pada pemasangan kodenya di Template blog sobat dan untuk mendapatkan kodenya sobat masuk ke menu "Dasar-Dasar" dan klik "Dapatkan Kode" pada bagian "Edisi". jika sudah maka akan seperti ini.


Untuk lokasi penempatan kodenya sobat bisa melihat contoh HTML pada gambar diatas sebelah kanan atas. Disitu akan menampilkan lokasi penyimpanan kodenya di html template blog sobat. Jika sobat bingung pemasangannya sobat bisa ikuti caranya dibawah ini.

Cara Memasang Mesin Penelusur Khusus Google di Blogger

1. Pertama soba login terlebih dahulu ke blogger.com
2. Setelah itu sobat klik menu Tata Letak/Layout dan pilih lokasi ingin dipasang Penelusuran Khusus ini.
3. Untuk saya sendiri saya menyimpannya tempat diatas footer blog saya. JIkas sudah menentuka lokasinya, sobat copy kodenya dan pastekan di lokasi yang sobat inginkan klik "Add HTML/Javascript" dan pastekan pada kolom yang kosong dan simpan.
5. Lihat hasilnya!!!

Untuk hasilnya sobat bisa lihat pada tampilan halama blog imamkunblog ini dan coba sobat ketikkan kata kunci yang sobat cari pasti semu artikel sobat akan masuk disana sesuai dengan kata kunci yang dicari. Untuk Contoh seperti dibawah ini.

Cara Membuat Mesin Pencari Khusus Google

Nah, pada gambar diatas itulah hasilnya disana saya mengetikkan kata kunci "Tips SEO" dan hasilnya semua artikel saya seputar seo akan muncul, dan untuk iklan masih akan diproses penayangannya sekitar 1-2 hari akan tayang pada mesin penelusuran khusus google ini.

Dengan sobat memasang Mesin Penelusuran kHusus ini bisa dibilang akan menambah penghasilan dan juga dapat mengoptimalkan SEO Blog sobat pastinya, mengapa begitu? Pada contoh diatas sudah terlihat jelas hanya mengetikkan kata kunci saja sudah menampilkan kata kunci artikel yang ada diblog.

Nah, gimana ni? Tertarik atau tidak memasangnya, jika tertarik sobat dapat memasangnya di blog-blog sobat, dan untuk widget penelusurannya sudah full responsive jadi gak perlu kawatir blog akan berat.

Oke, saya rasa cukup sampai disini mengenai artikel kali ini "Cara Membuat Mesin Pencari Khusus Google" dan "Cara Memasang Mesin Pencari Khusus Google". Semoga apa yang saya bagikan bermanfaat untuk sobat semuanya!!

Happy Blogging!!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe

Tunggu Bentar...