Aturan dalam Menulis Postingan Blog Supaya Disukai Pembaca

August 19, 2019

Aturan dalam Menulis Postingan Blog Supaya Disukai Pembaca
Aturan dalam Menulis Postingan Blog Supaya Disukai Pembaca - Kali ini saya membahas seputar Aturan dalam penulisan blog supaya disukai Oleh Google dan Pastinya Para Visitor blog sobat.

Setidaknya didalam aturan penulisa Blog kali ini memiliki 12 aturan main yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan, yang masing-masingnya 6 diperbolehkan dan 6 lagi tidak diperbolehkan.

Seandainya sobat mengikuti aturan dalam penulisan artikel blog yang baik dan benar, maka dimata Google artikel sobat itu sangat disukai oleh mesin pencari Google dan pastinya membuat para pembaca menyukai artikel sobat.

Saya sendiri masih harus banyak belajar lagi dalam penulisan artikel yang baik supaya para pengunjung blog saya menyukai cara penulisan saya ini. Dan untuk artikel ini saya mendapatkan referensi dari salah satu blog yang bernama writersdigest.com.


Sejujurnya saya menulis artikel adalah untuk memerikan pengetahuan dan wawasan kepada para pengunjung blog saya, saya tidak terlalu fokus menulis artikel hanya sekedar untuk mendapatkan uang dari adsense. Untuk masalah adsense itu belakangan yang terpenting adalah memberikan artikel yang menarik dan bermanfaat untuk para visitor saya.



Aturan dalam Menulis Postingan Blog Supaya Disukai Pembaca


Hal yang harus dilakukan dalam menulis artikel

1. Selalu Fokus!


Dalam menulis suatu artikel yang harus diperhatikan adalah fokus, pertama-tama percaya pada diri sobat masing-masing sobat menulis artikel ditargetkan kepada siapa?

Jika sobat menargetkan artikel sobat yang sobat tulis sendiri tentang "Bisnis", maka saya menyarankan tetaplah fokus menulis tentang "Bisnis", baik "Bisnis Online", "Bisnis Rumahan" dan bisnis lainnya.

2. Jadilah diri sendiri!!


Pada bagian ini merupakan salah satu bagian yang penting karena dalam menulis blog itu bebas mau menggunakan bahasa apapun, dan gunakanlah bahasa yang sehari-hari sobat gunakan dan tidak harus perlu meniru tulisan orang lain.

Gunakalah gaya bahasa sobat sehari-hari ketika mengorol sesama teman, keluarga atau orang-orang sekitar sobat, dengan menggunakan bahasa sendiri maka sobat nantinya akan mudah melancarkan tulisan ke blog tanpa harus mengikuti tulisan seperti dikoran atau lainnya.

3. Gunakan Eksternal Link (Link Dalam)


Eksternal Link juga memiliki peran yang bagus dalam membangun SEO postingan blog. Usahakan disetiap artikel yang sobat tulis sertakan link eksternal dari blog lain yang berkaitan dengan artikel sobat.

Dengan menautkan eksternal link, jika ada pembaca yang tertarik membacanyanya maka nantinya sipembaca akan menuju pada artikel sobat yang lainnya, dan itu merupakan salah satu hal yang baik untuk meningkatkan lagi artikel yang sudah dibuat sebelumnya.

4. Sertakan Gambar/Video

Didalam suatu artikel sobat dapat menambahkan foto atau gambar yang dapat berfungsi sebagai ilustrasi dalam artikel yang sobat tulis, misalnya ni sobat menulis artikel tentang "Tips dan Trik SEO Terbaru", nah sobat sertakan juga gambar yang ada kaitan dengan SEO.

Dan pada saat menyertakan gambar agar gambar yang sobat bagikan juga ingin meningkatkan SEO artikel sobat maka jangan lupa untuk mengisi Properti Gambar/Fotonya, yiatu title dan alt text.

5. Selalu Merespon Komentar yang Masuk.

Jika ada komentar yang masuk pada salah satu artikel sobat, maka jangan sobat "Cuekin" komentar yang masuk tersebut, sobat cobalah untuk menanggapi komentar tersebut supaya para pengunjung blog sobat suka dengan tanggapan yang sobat berikan.

Jika suatu pengunjung blog sobat memberikan komentar tentang pertanyaan, sobat jawablah sebisa mungkin sobat dan atau hanya ada komentar "Artikelnya Bagus", sobat paling tidak membalas pesan mereka dengan "Terima Kasih telah mampir diblog saya".

6. Bagikan artikel sobat ke Media Sosial Sobat Seperti Facebook, twitter dan lainnya

Untuk membagikan artikel sobat supaya memiliki banyak yang membaca sobat dapat memanfaatkan sosial media sebagai untuk memperomosikan apa yang telah sobat tulis di blog sobat.

Dengan membagikan artikel di sosial media merupakan salah satu bentuk dari Dasar SEO yang dapat meningkatkan pengunjung ke blog sobat. Sobat bisa membaca cara memasang anti auto klik iklan adsense untuk menjaga adsense sobat dari orang-orang yang jahil pada saat sobat membagikan artikel di sosmed.


Hal yang tidak boleh dilakukan saat menulis artikel blog

Sama seperti hal yang harus dilakukan, yang tidak boleh dilakukan dalam menulis artikel blog juga memiliki 6 hal yang tidak boleh sobat lakukan. Usahakan untuk hindari tulisan-tulisan yang tidak bagus atau tulisan yang akan sia-sia.

1. Memilih atau menentukan tujuan yang tidak realistis.

Dalam hal ini sobat yang memaksakan diri harus mengisi atau mengupdate blog setiap harinya. Kunci utama dalam menulis dan mempublishkan artikel adalah dalam satu minggu 2-3 artikel saja.

Jika sobat memang suka menulis dan suka membagikan sesuatu hal yang menarik yaa apa salahnya membuat artikel setiap hari, kan tidak ada yang melarang hehehe.

2. Menulis artikel blog terlalu panjang

Pada dasarnya menulis artikel yang panjang si bagus dimata mesin pencari, namun alangkah baiknya lagi adalah dengan membatasi jumlah kata yang sobat tulis disetiap artikel dengan kisaran 300-500 kata saja.

Untuk Maksimum kata yang baik adalah 700-800 kata, itu sudah bisa dibilang artikel yang sudah cukup bagus. dan janganpula sobat menulis terlalu kepanjangan dan kependekkan, yang bagus yaa sedang-sedang saja sesuai standar yang baik.

3. Kesalahan tata bahasa dan ejaan

Kurangilah tata bahasa dan ejaan dalam menulis artikel blog. Jika sobat menulis artikel blog dengan baik dan bagus maka itu juga akan disukai oleh google untuk melkukan pemeringkatan artikel blog sobat supaya bisa masuk ke page one google.

4. Tulisan atau Kata-kata Negatif

Bagikanlah apa yang sobat tulis dengan bahasa tulisan dan kata-kata yang baik, positif, informatif dan menginsipasi banyak orang yang membaca artikel sobat.

5. Tulisan Paragraf terlalu panjang

Paragraf juga merupakan salah satu hal yang penting dalam menulis artikel blog. Jikalau suatu artikel memiliki paragraf yang terdiri dari 5-8 baris itu akan sangat sulit untuk dipahami pemaca.

Jadi agar tulisan menjadi rapi dan disukai para pembaca sobat, maka sobat juga harus memperhatikan paragraf sobat. Untuk paragraf yang baik adalah terdiri dari 2-4 baris per alinea.

6. Menghindari Hal-hal baru.

Dan untuk point terakhir yang dapat sobat lakukan adalah jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu yang baru. Jika sobat merasa itu dapat menambahkan sesuatu yang istimewa ke blog sobat, maka cobalah!!.

Demikianlah artikel mengenai Aturan dalam Menulis Postingan Blog. Semoga bermanfaat buat sobat semuanya!

Referensi: writersdigest.com

Happy Blogging!!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe

Tunggu Bentar...