5 Cara Merawat Komputer Dengan Baik Supaya Awet

October 09, 2019

5 Cara Merawat Komputer Dengan Baik Supaya Awet
Imamkunblog.com - Selamat datang di imamkunblog pada kali ini saya akan membahas 5 Cara Merawat Komputer Dengan Baik Supaya Awet. Komputer adalah salah satu perangkat Elektronik yang semakin hari semakin terus berkembang dengan pesat. Tidak hanya itu Komputer juga memiliki banyak fungsi salah contohnya adalah dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia.

Dengan dapatnya membantu manusia dalam melakukan berbagai pekerjaan, dan seiring dengan digunakannya terus komputer adakalahnya komputer tersebut akan mengalami sebuah kendala, pasti sangat disayangkan apabila komputer tiba-tiba bermasalah atau lemot pada saat digunakan, dan itu bisa membuat menghambat pekerjaan anda.

Sama halnya dengan manusia, komputer juga memerlukan sebuah perhatian, yaitu perawatan yang baik dan benar supaya dapat awet digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bagaimana Caranya Supaya Komputer Awet dan dapat bertahan lama? Silahkan disimak ya!

Kalau kita pikirkan lagi, fungsi komputer dalam mengelolah data dan menyimpan data memang sangat baik dan dapat membantu sebuah pekerjaan. Terutama pada sebuah kapasitas dan ketahanan sebuah komputer memang lebih baik kalau dibandingkan dengan perangkat seupaya yaitu laptop atau Notebook.

Jika ingin komputer dapat bertahan lama dalam keadaan komponen yang baik dan bagus, haruslah melakukan perawatan pada komponen-komponen luarnya yang bisa disebut komponen hardware dan baik juga komponen dalam seperti membersihkan sampah-sampah di dalam software komputer.

Baiklah tidak perlu berlama-lama lagi mari kita langsung saja simak secara bersama-sama langkah jitu cara merawat komputer supaya tetap baik dan awet pada saat digunakan. Berikut ini pembahasannya.

Cara Merawat Komputer Supaya Awet dan Baik

1. Menghindari Komputer dari Hal-Hal yang akan berdampak buruk


Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk merawat komputer supaya lebih awet adalah dengan menghindari komponen yang menimbilkan dampak buruk. Salah satu contohnya adalah dengan memerhatikan apa saja yang kita lakukan disekitar komputer kita pada saat digunakan. Salah satunya adalah;

Jangan pernah menyimpan cairan apapun di sekitar/didekat komputer pada saat digunakan ataupun pada saat tidak digunakan. Alasan bisa saja kita menyenggol cairan tersebut dan tertumpah mengenai komponen komputer dan itu bisa menyebabkan akibat yang lumayan fatal.

Merapikan kabel-kabel komponen komputer yang berada diluar. Bagian ini sangatlah penting, mengapa? Karena bisa saja kabel komputer tersebut dimakan tikus. Ini sangatlah berbahaya sekali apabila tidak dianggap serius dalam mengatur kebl-kebel tersebut.

Simpan komputer pada tempat yang jauh dari sinar matahari secara langsung, tidak banyak debu dan juga tidak terlalu lembab. Mengapa melakukan hal ini? Karena ini dapat menetralkan suhu komponen komputer dan membuat komputer lebih awet dan tahan lama, kalau lebih baik dunakan ruang ber AC.

2. Matikan Kompter dengan cara yang benar dan baik


Mungkin ini bisa dibilang adalah salah satu hal yang biasa, namun jangan sesekali dianggap hal yang sepele langsung mematikan begitu saja komputernya. Meskipun ini hal yang sangat sederhana tetapi apabila tidak mematikan komputer dengan benar maka bisa berakibat fatal.

Hal tersebut dapat menggangu kinerja komputer yang semulanya fast bisa saja semakin lemot apabila sering mematikan komputer dengan asal-asalan saja. Ini salah satu hal sepele yang banyak sekali orang mengabaikannya.

Walaupun anda pada saat itu sedang terburu dan main asal matikan saja, janganlah ulangi lagi padahal mematikan komputer itu tidaklah lama, jadi oleh karena itu sebaiknya selalu untuk mematikan komputer sesuai dengan prosedurnya untuk contohnya seperti ini.

Klik Logo Windows/Strart > Pilih POWER dan Pilih Shutdown, Kemudian apanila sudah mati komputernya barulah cabut kabel power

3. Sering Membersihkan Perangkat Hardware Secara Rutin dan Teratur


Hardware adalah salah satu perangkat yang sangat penting dalam menjalankan komputer apabila salah satu perangkat hardware yang rusak maka itu bisa membuat komputer mati atau lemot. Agar komputer bertahan lama, maka seringlah untuk memberishkan perangkat hardware secara teratur.

Alangkah baiknya untuk membersihkan perangkat hardware dilakukan 1-2 builan sekali, kalau saya sendiri 1 bulan satu kali saya bersihkan perangkat hardware komputer saya. Perangkat hardware apa saja yang dibersihkan?

Alangkah baiknya apabila PC berdebuh bersihkan juga casingnya, fan, ram, prosessor, motherboard dan lain sebagainya, ingat jangan bersihkan menggunakan air itu dapat merusak komponen gunakanlah sebuah kuas yang bersih dan kipas untuk menghilangkan debu.

Jika komputer sama sekali tidak pernah dibersihkan pada bagian-bagian hardware, maka itu sangat berakibatkan pengaruh yang sungguh sangat fatal salah satunya adalah dapat menurunkan kinerja komputer, cepat panasnya processor dan lain sebagainya.

Jadi, supaya Komputer anda mau awet sering-seringlah memberishkan bagian hardware komputer anda dengan rutin. Jika dilakukan dengan rutin, dijamin bakalan awet komputernya.

4. Lindungi Sistem Dengan Memasang Antivirus


Tidak hanya manusia saja yang bisa terkena virus, namun komputer juga bisa. Jika sebuah komputer terkena serangan virus maka tamatlah sudah apalagi virus tersebut adalah virus yang sangat susah untuk dihapus, jika terkena itu dapat merusak komputer anda.

Salah satu contohnya apabila terkena virus adalah komputer bisa mati total secara mendadak, terjadinya blue screen pada layar komputer dan masih banyak lainnya. Untuk mencegah terkena serangan virus adalah dengan memasang antivirus.

Untuk antivurs bisa anda pilih sendiri antivirus yang mana cocoko buat anda, anti virus yang terkenal dan banyak digunakan orang-orang adalah sebagai beirkut.
  • Smadav
  • Avast
  • Kasperskay
  • dan lainnya

5. Gunakan tagangan listrik yang baik dan stabil


Yang terakhir adalah dengan memastikan penggunaan tegangan listrik yang stabil, bisa dibilang ini adalah bagian dari jantungnya komputer, mengapa begitu? Apabila tidak ada listrik bagaimana komputer bisa hidup?

Jadi pada saat membeli komputer atau merakit komputer selalu perhatikan berapa listrik yang digunakan untuk mengoperasikannya dan juga sesuiakan dengan tengan listrik dirumah anda. Dan janganlupa untuk menggunakan Stabilizer untuk menceganhya terjadinya konsleting.

Apabila tidak menggunakan Stabilizer itu dapat membuat tingkat kestabilan listrik tidak teratur dan dapat menyebabkan komponen komputer terjadi konsleting dan apabila itu terjadi bisa merusak komponen hardware komputer anda.

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai cara merawat komputer supaya awet yang dapat saya bagikan kepada sobat imamkunblog. Jangan lupa untuk selalu merawat komputer anda dan tidak hanya itu rawatlah perangkat elektronik yang ada dirumah anda supaya lebih awet penggunaannya.

Mungkin dari sebagianya orang langkah ini sangatlah nyaman namun pasti sangat sulit untuk dilakukan, bukan? Tidak usah jauh-jauh saya sendiri saja biasanya begitu, namun saya tetap selama sebulan sekali melakukan perawatan pada komponen komputer saya.

Intinya sih lakukan saja walaupun hanya hanya dalam 3 bulan sekali, tetapi lebih baik dan saya sarankan 1/2 bulan sekali bersihkan komputer. Dan jangan lupa pula hindari sesuatu hal yang kecil yang sekiranya itu membahayakan. Ingat dari hal kecil bisa menjadi besar dampaknya.

Baiklah sekian informasi kali ini yang saya bagikan kepada sobat semuanya semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk sobat semuanya, dan terima kasih yang telah meluagkan waktunya membaca disini.

Selamat Mencoba!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe

Tunggu Bentar...