Cara Mengaktifkan Auto Recover di Excel

June 04, 2019

Cara Mengaktifkan Auto Recover di Excel - Apakah sobat sering menggunakan Microsoft Excel untuk membuat data-data atau sebuah laporan keuangan baik laporan kerja di kantor ataupun data laporan untuk dirumah sendiri?

Saya yakin ni pasti sobat pernah mengalami kehilangan data-data laporan yang telah sobat buat dikarenakan baterai laptop sobat habis atau mati lampu saat menggunakan Komputer dan atau juga file data-datanya mengalami Corrupt pada filenya.

Saya sendiri juga pernah mengalami hal seperti diatas, dan saya dulu pernah mengotak-atik setingan di excel dan tiba-tiba saya menemukan sebuah fitur yang sangat cocok untuk hal seperti diatas. Nah maka dari itu saya ingin berbagi kepada sobat semuanya melalui artikel ini.

Dan apa nama fitur tersebut? Fitur tersebut bernama Autocover atau Auto Save yang ada di Microsoft Excel. Nah dengan menggunakan fitur ini dijamin pekerjaan sobat ketika tiba-tiba baterai laptop mati atau mati lampu tidak akan hilang.

Untuk langkah-langkah mengaktifkan fitur auto save atau auto cover tidaklah terlalu sulit hanya dengan beberapa langkah saja dan selesai. Nah tidak perlu lama lagi simak tutorialnya dibawah ini dengan baik ya sob.


Cara Mengaktifkan Auto Recover di Excel
Cara Mengaktifkan Fitur Auto Save di Excel

1. Buka Microsoft Excel

2. Klik File > Options

Cara Mengaktifkan Auto Recover di Excel
Cara Mengaktifkan Auto Recover di Excel
3. JIka sudah maka akan ada tampilan jendela baru yang muncul. Kemudian sobat klik pada bagian SAVE > Dan Centang SAVE AUTORECOVER INFROMATION EVERY > Dan ubah waktunya menjadi 1 Menit atau 2 Menit > Dan Centang Juga pada bagian KEEP THE LAST AUTOSAVED VERSION IF I CLOSE WITHOUT SAVING > dan Atur Tempat Penyimpanannya Sesuka Sobat may simpan dimana.

Cara Mengaktifkan Auto Recover di Excel
Cara Mengaktifkan Auto Recover di Excel

4. Jika sudah seperti gambar diatas, maka selanjutnya klik OK

Nah, Bagaimana sob cukup mudah bukan mengaktifkan fitur AutoRecover atau autosave di microsoft excel ini, Dengan mengaktifkan fitur auto recover atau autosave maka sobat tidak perlu khawatir lagi untuk mengerjakan tugas-tugas sobat ketika mati lampu filenya tidak akan hilang.

Cara Mengaktifkan Fitur Auto Recover sendiri memiliki banyak manfaatnya salahsatunya adalah ketika sobat mengerjakan sebuah data di excel dan tiba-tiba mati lampu maka filenya tidak akan hilang dan isi dari filenya masih ada nah maka dari itu harus mengubah Save AutoRecover Information Everynya menjadi 1 Menit atau 2 menit yang berarti. 

Setiap Pekerjaan yang ada di dalam file excel akan di save secara otomatis setiap 1 menit sekali sesuai dengan setingan yang telah sobat atur sebelumnya. Yang tulisan Keep the last auto saved if i close without saving itu maksudnya jika sobat sedang mengerjakan sebuah data dan tiba-tiba mati lampu atau tidak sengaja sobat mengklik close maka akan otomatis tersave dari atau sampai mana yang sobat kerjakan terakhir.

Nah, Semoga artikel ini bermanaat dan dapat membantu sobat semuanya ya. Jangan lupa nantikan artikel menarik lainnya dengan cara aktifkan notifikasi dari blog ini ya.

Happy Blogging!!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe

Tunggu Bentar...