Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

June 12, 2019

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger
Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger - Beberapa minggu kemarin ada sebuah notifikasi yang muncul di Dasboard Akun Adsense yang menyarankan para pengguna Adsense untuk mengaktifkan sebuah fitur atau kode untuk membuktikan bahwa iklan yang dipasang itu benar-benar miliki sobat.

Sebenarnya Fitur ini masih sangat baru, dan fitur ini telah support pengguna Blogger. Dan nama fitur tersebut adalah Ads.txt yang telah diluncurkan oleh blogger pada tahun 2018 kemarin.

Pada umumnya jika penayangan iklan sobat tidak muncul maka biasanya akan timbul notifikasi yang berisikan "Earning at risk, one or more of your ads.txt file doesn't contain your Adsene Publisher ID. Fix this now to avoid severe impact to your revenue".

Nah jika sobat mengalami error dengan tulisan diatas maka untuk mengatasinya cukuplah mudah, tetapi jika sobat salah mengisikan datanya maka sangatlah berisiko besar. Bisa dibiblang masalah ini merupakan masalah yang cukup serius apabila salah dalam memasukkan suatu kode Publisher dan tidak hanya itu saja jika salah pemasangan maka penghasilan sobat juga dapat berisiko tidak bisa di tarik.

Bagi sobat yang belum mengetahui apa itu Ads.txt?

Authorized Digital Sellers (Ads.txt) merupakan suatu program yang dirancang khusus untuk ditujukan mengurangi kecurangan dalam inverstaris iklan dan membuktikan bahwa sobat benar-benar memasangnya di Blogger sobat sendiri.

Ads.txt merupakan format file teks yang sangat disetujui apabila telah mencantumkan semua jaringan iklan dan sesuai dengan nomor publisher. Tujuannya adalah agar dapat meningkatkan transparasi atau kejujuran antara penerbit dan pengiklan. Maka dari itu setiap orang yang mempunyai blog dan iklannya telah bisa tayang maka wajib memasang file Ads.txt.

Saya sangat merekomendasikan kepada sobat untuk memasang Ads.txt dan jika sobat tidak ingin memasang fitur ini juga tidak apa-apa. Tetapi alangkah baiknya di pasang saja agar terhindar dari masalah-masalah yang akan datang.


Cara Memasang dan Mengaktifkan Ads.txt Blogger


1. Sobat Login terlebih dahulu ke Blogger.com
2. Setelah Login Sobat Pilih Settings/Setelah > Serach preferences/Preferensi Penelusuran > Monetization/Monetasi > Custom ads.txt/ads.txt kustom > Sobat Klik Edit > Dan Pilih Aktifkan Konten Ads.txt kustom? > Pilih Yes. Contohnya seperti Gambar dibawah ini.





3. Setelah itu sobat masukkan kode dibawah ini.
google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0


NOTE:
Sobat Ganti pub-0000000000000000 dengan ID Penayang Miliki sobat sendiri di akun penayang Google Adsense sobat.

Untuk Mendapatkan ID Penayang sobat cukup log in Akun adsense sobat Dan jika sudah masuk Dasboard sobat Pilih Settings/Pengaturan > Account Information

Dan sobat bisa mendapatkan nomor penayang sobat, untuk contohnya seperti gambar dibawah ini.



4. Klik Save Change / Simpan Perubahan

Untuk Mengecek apakah Ads.txt sobat sudah terpasang di blog sobat sobat cukup kunjungi alamat sobat sendiri dengan ditambah ads.txt diakhir url blog sobat conothnya seperti ini.
https://www.alamatblogsobat.com/ads.txt

Silahkan sobat ganti "alamatblogsobat" dengan url blog sobat masing-masing dan lihat hasilnya apabila berhasil maka nantinya akan ada nomor pub sobat tampil disana.

Nah, itulah langkah-langkah dalam pemasangan dan mengaktifkan ads.txt di blogger. Bagi sobat yang muncul notifikasi atau peringatan di dasboard adsense sobat yang memperingatkan bahwa akun adsense sobat berisiko karena sobat belum memasang atau mengaktifka ads txt di blogger maka sobat dapat mengikuti tutorial ini untuk mengatasi masalah tersebut.

Itulah tutorial singkat yang dapat saya bagikan kepada sobat mengenai Cara Mengaktifkan Ads.txt di blogger. Tutorial yang saya bagikan ini merupakan pengalaman saya dalam mengtasi hal seperti ini dan saya berbagi kepada sobat yang tida tahu untuk mengatasi masalah seperti ini.


Baca Juga: Cara Backup dan Import Semua Artikel Blogger

Jika sobat masih ada yang tidak paham sobat dapat berkomentar dibawah ini, nanti saya akan usahakan membalas komentar-komentar sobat. Jangan Lupa nantikan artikel menarik lainnya dengan cara akifkan notifikasi blog ini ya sob!

Happy Blogging!!

Sumber:
https://support.google.com/adsense/answer/7532444

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe

Tunggu Bentar...