Manfaat Dan Ciri Ciri Jeruk Nipis Lengkap

March 01, 2019

IMAMKUNBLOG - Jeruk Nipis atau Lat Citrus Aurantifolia adalah suatu tumbuhan yang termasuk dalam kategori Buah Buahan yang banyak sekali tersebar Di Seluruh Asia dan Di Amerika Tengah. Jeruk Nipis di indonesia hidup didataran rendah dengan ketinggian sampai 1000m dari permukaan laut. 

Ciri Ciri Jeruk Nipis adalah Buahnya bulat, Berwarna hijau dan biasanya sampai berwarna kuning, memiliki kulit yang tipis dan sangat banyak mengandung Minyak Atsiri. Jeruk Nipis memiliki Daging yang berwarna putih kehijauhan, dan buah ini rasanya sangat begitu asam sekali, dan Jeruk nipis banyak mengandung Vitamin C dan Asam Sitrat.

Di indonesia, Jeruk Nipis banyak sekali dipakai dalam campuran bahan makanan. Dan air jeruk nipis itu juga biasanya digunakan orang-orang indonesia untuk membersihkan Kuku Kaki dan tangan mereka yang menguning, Nah kok bisa? 


Dikarenakan Didalam air jeruk nipis mengandung beraga Nutrisi yang penting untuk tubuh manusia. Air Jeruk Nipis menyumbang 44 Kalori, 0,5 Gram Proten, 10 Gram Karbohidrat dan 0,4 Gram Serat dan memiliki Vitamin C yang baik untuk tubuh manusia. 


Gambar Jeruk Nipis (Sumber: Wikipedia)

Ternyata Air Jeruk Nipis tidak hanya memiliki Vitamin C namun juga memiliki Vitamin D, Vitamin A dan B, Kalium, Kalsium dab Fosfor. Nah banyak bukan manfaatnya, walaupun buahnya kecil tetapi manfaat dan vitamin yang terkadung itu banyak dan baik untuk tubuh.

Berikut ini Ciri-Ciri lengkap Mengenai Jeruk Nipis

  • Berbentuk Bulat dan biasa juga Buahnya lonjong
  • Kulitnya berwarna hijau dan biasanya hijau ke kuningan
  • Memiliki Kulit yang tebal dan biasanya juga ada yang tipis tetapi sulit untuk dibuka langsung
  • Memiliki daging berwarna putih ke hijauhan dan tebal 
  • Memiliki Serabut dibagian dalam daging jeruk nipis
  • Memiliki Biji
  • Dan Memiliki Rasa yang Asam

Berikut Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya dalam Jeruk Nipis memiliki begitu banyak manfaat dan vitamin didalamnya yang baik dan penting bagi tubuh manusia. Nah alangkah baiknya sobat mengunsumsi air jeruk nipis. Atau mencampuri air jeruk nipis dengan air biasanya itu juga bisa dan dengan dicampuri itu akan memiliki rasa yang nikmat dan memberi banyak manfaaat diantaranya;

1. Menurunkan Kadar Gula Pada Darah

Didalam jeruk nipis memiliki Suatu kandungan vitamin yakni salah satunya adalah vitamin C yang dimana sangat bermanfaat bagi orang-orang yang menyandang atau menderita penyakit Diabetes. Di dalam jeruk nipis juga memiliki Kadar Gula yang sangat rendah, dengan begitu dapat mengurangi penyerapan gula dalam tubuh sobat. Nah dengan memanfaat Vitamin C dari Buah Jeruk nipis maka penyakit diabetes sobat dapat diatasi dan dapat lebih terjaga dengan lebih baik mengenai masalah kadar gula.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Seblumnya saya sudah membahas kandugan yang dimiliki Jeruk nipis yaitu salah satunya adalah Magneseium dan Kalium yang berfungsi sebagai penjaga kesehatan jantung yang baik. Dan kalium berfungsi sebagai menurunkan tekanan dara secara alami dan kalium juga dapat melancarkan sirkulasi darah menjadi lancar mengalir didalam tubuh. Nah dengan mengonsumsi Jeruk Nipis maka Fungsi Magnesium dan Kalium dapat membantu mengurangi penyakit jantung sobat.



3. Menyehatkan Kulit

Jeruk Nipis Merupakan salah satu bahan alami dalam merawat kulit. Dikarenakan didalam jeruk nipis mengnadung Vitamin C dan Flavonoid, yang dapat membantu memperkuat suatu kolagen dan dikarenakan itu, dengan mengosumsi air jeruk nipis dapat membantu menambah kecantikan kulit dan menyehatkan kulit terutama sobat sobat kalangan wanita yang suka merawat kulitnya.

Nah, ada beberapa hal yang perlu sedikit dihindari yaitu, sobat hindari dalam pengolesan secara langsung Air Jeruk Nipis ke Kulit Sobat dan setelah mengoles secara langsung ke kulit sobat jangan dikenakan lagi ke Sinar Matahari secara langsung. Jika sobat sering mencoba hal itu, kemungkinan besar sobat bisa terkena penyakit Phytophotodermatitis.

Nah, Apa itu Phytophotodermatitis? Phytophotodermatitis adalah Terbakarnya kulit atau mengalami peradangan saat terkena sinar matahari secara langsung yang dimana disebabkan ketika suatu bahan kimia yang terkadung didalam suatu jenis tanaman. Jika sudah terkena Phytophotodermatitis ini mengakibatkan kulit sobat tampak kemerahan, gatal gatal, timbul bintik bintik merah dan Gatal.

4. Melancarkan Pencernaan

Ayo siapa yang waktu kecilnya suka sembelit tau taunya pas sampai di toilet tidak jadi dan nenek kasi obat dengan mengonsumsi jeruk nipis? Kira-kira ada tidak ya. wkwkwk. Oke, Karena jeruk nipis ini memiliki rasa yang asam, jadi rasa asam yang dimiliki jeruk nipis dapat membantu Air Liur memecahkan makanan dengan baik dan juga dapat merangsang pengeluaran suatu enzim yang terkandung. Nah, ni sob jika tejadi sembelit rasa asam yang dimiliki Jeruk Nipis itu dapat merangsang pergerkan-pergerakan usus sobat. Dan jika sobat mersakan panas pada perut sobat/ulu hari sebaiknya sobat minum air hangat + 2 Sendok Teh Air Jeruk Nipis. Dengan begitu dapat membant
u pencernaan sobat menjadi lancar.

5. Dapat Menurunkan Berat Bdan

Dengan mengonsumsi Jeruk Nipis juga dapat menurunkan berat badan loh sob. Nah yang suka menurunkan berat badan ini biasanya adalah para wanita ni. Nah didalam jeruk nipis itu memiliki kandungan asam sitrat yang berfungsi meningkatkan metabolisme tubuh. Nah karena itu sob dapat membantu dalam proses pembakaran kalori dan dengan ditambah lagi dengan olahraga yang teratur dijamin deh sobat akan cepat turun badannya dan tambah lansing untuk para cewek-cewek.

Berikut Ini Manfaat Lainnya Dari Jeruk Nipis:

  • Dapat menyembuhakan Sakit Gigi
  • Dapat menyembuhakan Batuk
  • Dapat menyembuhakan Bau Badan
  • Dapat menyembuhakan Batu Ginjal
  • Dapat menyembuhakan Demam
  • Dapat menyembuhakan Kurap
  • Dapat menyembuhakan Panu
  • Dapat menyembuhakan Pegal
  • Dapat Menambah Stamin
  • Dapat Menambah Rasa Masakan
  • Dapat menyembuhakan Amandel
  • Dapat menyembuhakan Ambeien
  • Dapat Menghilangkan Bau Ketiak
Nah, Walaupun buahnya kecil tetapi kendungan yang dimilikinya itu begitu banyak dan bagus untuk kita konsumsi. Dan jeruk nipis juga dapat menyembuhkan penyakit-penyakit dan bisa menjadi salah satu penambah penyedap suatu makanan juga. Pokoknya Jeruk Nipis itu bagus banget dan banyak sekali manfaatnya. Nah artikel kali ini cukup sampai disini ya sob.


Happy Blogging!!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe

Tunggu Bentar...