Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Di Tahun 2020

March 07, 2019

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar - Belajar merupakan suatu yang dilakukan oleh seluruh manusia untuk mencari ilmu pegetahuan dan belajar merupakan termasuk salah satu kegiatan yang penting baik untuk anak-anak, orang dewasa ataupun orang yang masih lanjut usia saja masih ingin belajar untuk mencari ilmu dan ilmu itu tidak ada batasnya untuk dipelajari. 

Pada zaman ini anak-anak, atau remaja sekarang ini cenderung sudah malas kalau dibandingkan dengan anak-anak yang lahir ditahun 90an. Dengan Remaja yang malas itu pasti mereka memiliki alasan tersendiri yang mambuat mereka malas untuk belajar yaitu ada yang sangat susah untuk berkonsentrasi terhadap suatu pelajaran, dan ada juga yang beralasan tidak memiliki semangat atau motivasi untuk belajar.

Sebenarnya dizaman ini untuk belajar itu sudah memiliki banyak cara bisa memlalui Internet, Buku, dan alat elektronik lainnya. Kalau dibandingkan dengan zaman 90an yang teknologi masih belum begitu berkembang seperti saat ini. Anak-anak tahun 90an itu sangat antusias untuk belajar mereka biasanya meminjam buku buku di perpustakaan dan meminjam buku temannya. 


Dan dapat disimpulkan sebelum masuknya teknologi yang berkembang seperti zaman ini anak-anak 90an itu memiliki semangat yang begitu antusia dari pada anak-anak dizaman ini. Padahal untuk mencari informasi sudah begitu mudah dan dapat dicari kapanpun dan dimanapun.


Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Di Tahun 2019
Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Di Tahun 2019
Nah, Disini saya akan memberikan motivasi belajar apabila sobat merasa kurang belajar atau kurang memiliki motivasi untuk belajar. berikut ini adalah motivasi belajar untuk anak-anak hingga remaja sekalipun.

Buatlah Daftar Pembelajaran

Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah buatlah suatu daftar pembelajaran yang tersusun rapi, dengan membuat daftar pembelajaran ini akan membuat perencaan suatu pembelajaraan yang efektif karena pembelajaran yang kita lakukan itu tersusun rapi apa yang harus kita pelajri pada hari ini dan jam ini. dengan membuat daftar pembelajaran maka waktu sobat tidak terbuang sia-sia apabila sobat hanya belajar mengenai 1 hal saja.

Disini saya akan berbagi cara membuat/menyususn daftar pembelajaran yang benar dan tersusun.

  • Buatlah daftar pelajaran apa yang ingin sobat pelajari
  • Buatlah waktu pembelajaran terdahap masing-masing pembelajaran
  • Buatlah waktu istirahat proses belajar
  • Buatlah agenda belajar baik minggian ataupun bulanan
Dengan membuat daftar pembelajaran yang rapi dan tersusun jelas maka sobat bisa fokus dan tahu apa saja yang harus dipelajari di waktu itu. Nah dengan cara ini waktu belajarmu tidak akan membosankan dan pastinya akan menambah motivasi seangatmu.

Pahami Lingkungan sekitar

Nah, setelah membuat daftar pemeblajaran maka kita harus mengenali dahulu mengenai lingkungan disekitar tempat kita belajar apakah mendukung atau nyaman. Agar memiliki semangat belajar carilah lingkungan pembelajaran yang nayman agar dapat berkonsentrasi dan fokus dan jika lingkungan sobat tidak nyaman maka sobat ubahlah lingkungan pembelajaran sobat menjadi sesuatu hal yang baru.

Pahami Gaya pembelajaraan Sendiri


Setiap orang itu memiliki sifat yang berbeda maka sama halnya mengenai gaya pembelajaran, setiap orang juga memiliki gaya pemeblajaran yang berbeda-beda ada yang memiliki gaya pembelajaran langsung menggunakan buku-buku dan ada yang juga belajar menggunakan media visual seperti internet.

Dari sini cobalah sobat pilih gaya pembelajaran sobat yang sobat senangi dan membuat sobat fokus dalam pembelajaraan. Dan jika sobat suka belajar dengan suana sunyi alangkah lebih baiknya cari tempat yang sunyi seperti di perpustakaan atau didalam kamar sendiri dan usahakan jangan mendengarkan music ketika sobat belajar yang menyukai kesunyian.

Pilih Metode Pembelajaran

Disinis sobat bisa menentukan metode pembelajaraan apa yang bisa mmebuat sobat sangat fokus. Sobat bisa menggunakan pembelajaraan secara sendiri maupun secara berkelompok dengan teman terdekat. Jika sobat menggunakan pembelajaraan secara berkelompok alangkah baiknya cari tempat yang nyaman dan sunyi dari kebisingan seperti kebisisngan dan hindari memilih tempat seperti cafe dan usahakan tidak menggunakan smartphone karena itu dapat menggangu.

Sempatkan untuk beristirahat

Dalam proses belajar sempatkan beristirahat sesuai daftar pembelajaran yang sudah sobat buat sendiri sebelumnya. dengan beristirahat juga dapat meningkat dalam motivasi pembelajaraan tetapi juga dalam belajar butuh istirahat agar otak tetap terjaga kinerjanya. Dengan beristirahat yang cukup maka energi dalam menyerap materi pembelajaraan akan terisi kembali dan dari itu sangat bermanfaat.

Disini saya sarankan kepada sobat semua usahakan istirahat 20-30 Menit setiap pembelajaraan. dengan jumlah waktu istirahat yang cukup maka itu sangat baik, dan alangkah baiknya istirahat sambil memakan cemilan atau mendengarkan musik.

Gunakan fasilitas yang mendukung dan memadai

Sobat bisa menggunakan fasilitas yang mendukunga baik secara umum , alangkah baik pergi ke perpustakaan atau meminta rekomendasi kepada guru sobat fasilitas yang baik untuk proses belajar sobat dan carilah pembelajaraan yang sesuai dengan proses pembelajaran yang ada disekolah atau yang memiliki nilai beljar yang baik.

Belajar sambil bersenang senang

Alangkah baiknya sobat belajar sambil bersenang yang dimaksud disini adalah belajar sambil melakukan aktivitas yang baik dan dapat menghibur seperti belajar sambil bermain gitar dan langkah baiknya hindari untuk berjalan jalan, nonton bisokop atau lain sebagianya.

Nah itulah beberapa langkah yang dapat saya bagikan kepada sobat untuk meningkatkan motivasi belajar sobat. Jangan lupa terus dukuung imamkunblog ya sobat bisa kunjungi website Mamikos untuk mendapatkan motivasi yang lebih lengkap untuk sobat terapkan kepada diri sobat semuanya.

Happyblogging!!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe

Tunggu Bentar...