Ciri Ciri, Kandungan dan Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

March 02, 2019

IMAMKUNBLOG - Semangka (Citrullus Ianatus atau Cucurbitaceae) merupakan tanaman buah buahan yang berasal dari daerah di Afrika selatan dan Semangka ini juga merupakan salah satu kerabat dari labu, melon dan mentimun. 

Semangka hidup secara merambat dan akarnya tidak bisa dapat memanjat pada ranting-ranting ataupun pepohonan dan jangkauan yang dapat diraih dari semangka ialah dapat mencapai belasan meter akarnya dapat merampat. Semangka memiliki banyak kandungan, manfataan dan vitamin didalamnya seperti, Vitamin A, B, C, besi, Magnesium, Fosfor, Kalkium, dan lainnya.

Tanaman semangka merupakan tanaman yang dapat hidup dalam kondisi lahan yang kekeringan. Dengan kulit yang keras dan berwarna hijau itulah yang membuat semangka kuat akan tahan yang kurang akan asupan air di lahan tersebut. 


Nah banyak ni orang beranggap bahwa semangka itu hanya sebuah yang banyak memiilki air dan mengandung gula saja. tetapi sebenarnya tidak hanya itu saja, semangka itu banyak akan vitamin dan gizi didalamnya. Sebelum kita memasuki manfaat apa saja yang dapat dihasilkan dari buah semangka ini, kita harus mengenal terlebih dahulu ciri-cirinya dan Kandungan Vitamin didalmnya.


Ciri Ciri Semangka Lengkap:
  • Buahnya berbentuk bulat
  • Buah Semangka memiliki kulit yang keras dan miliki garis hitam di kulitnya
  • Buah semangka berwarna hijau
  • Memiliki daging berwara merah dan ada yang kuning yang berair
Ciri Ciri, Kandungan dan Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan
Ciri Ciri, Kandungan dan Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Nah, diatas merupakan ciri-ciri dari buah semangka yang sudah saya rincikan sedetail mungkin, setelah mengenail ciri-cirinya, maka selanjutnya sobat mengenal kandungan apa saja yang terdapat yang ada dialam buah semangka ini. Berikut dibawah ini adalah kandungan yang terdapat didalam buah semangka.

Kandungan & Vitamin Buah Semangka:

  • Memiliki Vitamin A 
  • Memiliki Vitamin B 
  • Memiliki Vitamin C
  • Memiliki Kalsium
  • Memiliki Kalium
  • Memiliki Magnesium
  • Memiliki Fosfor
  • Memiliki Gula 6.2 g 
  • Memiliki Protein sebesar 0.61 g 
  • Memiliki Air 91.45 g
  • Memiliki Asam Pantitenat
  • Memiliki Zink
  • Memiliki Serat Pangan
  • Memiliki Lemak 0.15 g 
Nah itulah beberapa kandungan dan vitamin yang terkandung didalam buah semangka, yang paling besar didalam buah semangka adalah kandungan Air yaitu sebesar 91.45 g. Memang jumlah yang terbesar ialah air namun didalam semangka memiliki banyak kandungan yang ada didalamnya dan buah ini tidak kalah lebih baiknya dengan buah-buah lainnya dan dengan banyaknya kandungan air buah semangka ini banyak orang-orang dijadikan jus semangka dan lainnya.

Nah, setelah mengenali lebih dalam mengenai buah semangka dari penegrtiannya, ciri-cirinya dan kandungannya, maka kini kita mengenal apa saya manfaat yang dimiliki buah semangka ini yang kebanyak orang hanya mengenal dengan kebanyakan airnya saja.

Manfaat Buah Semangka Bagi Kehidupan


1. Sebagai Anti Peradangan

Buah semngka tidak hanya kaya akan air tetapi juga memiliki asam amino yang dapat meredahkan peradangan. Disini peradangan yang saya maksud ialah peradangan yang biasanya memicu nyeri dan rasa sakit yang dialami setiap harinya. Maka dari itu untuk meredahkan peradangan dapat dengan mengonsumsi semangka.

2. Sebagai Minuman Yang Enak dan Bervitamin

Semangka kaya akan vitamin didalamnya dan banyak orang-orang kini memanfaatkan semangka untuk dibuat Jus dan memmodifikasi jus dengan semangka agar menjadi lebih menarik dan menambah vitamin didalamnya.

3. Sebagai Cemilan yang enak

Semangka memiliki sebuah kalori yang tidak terlalu banyak yaitu kisaran 40-50 kalori, dengan kalori kisaran segitu maka sangat ideal sekali sebagai makanan atau cemilan yang enak untuk dimakan disetiap saat. Dengan memiliki banyak air dan rasanya yang begitu manis seperti permen, maka semangka bisa diganti sebagai permen. 

Nah jika anak sobat suka makan permen alangkah baiknya sobat ganti dengan semangka saj. Tidak hanya manis dan kaya air tetapi juga kaya akan vitamin yang cocok untuk anak anak.

4. Sebagai Penyembuh Kram/Kesemutan

Semangka memiliki banyak kandungan dan vitamin didalamnya salah satunya adalah kandungan potasium, potasium berfungsi sebagai mencegah munculnya rasa kram atau kesemutan di kakai. Nah, dengan mengonsumsi semangka maka akan dapat meredamkan rasa kram tersebut.

5. Sebagai Pencegah Penyakit Kronis

Didalam semangka terdapat vitamin C didalamnya, dengan memiliki kandungan vitamin c didalamnya dapat meningkatkan kadar antioksidan didalam tubuh kita, maka dari itu dapat mampu menurunkan terjadinya penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

Berikut Manfaat Lainnya Dari Semangka:

  • Mencegah Kanker Prostat
  • Dapat mempercantik klit dan rambut
  • Mencegah Gejala radang sendi
  • Dapat mengatasi sembelit
Nah, dengan buah yang manis, menyegarkan dan banyak menganduk nutrisi didalamnya yang sangat banyak dibutuhkan oleh tubuh manusia alangkah baiknya sobat mengonsumsi semangka setiap hari dan jangan menyia-nyiakan manfaat yang dimiliki buah semangka ini. Jadi sobat mulailah mengonsumsi buah semangka sebagai salah satu buah yang rutin untuk sobat konsumsi kapanpun itu, dan semangka juga bisa dijadikan makanan penutup atau pencuci mulut dikarenakan banyaknya air didalam buah semangka.

Happy Blogging!!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe

Tunggu Bentar...