Cara Mengoreksi Ejaan Tata Bahasa Indonesia di Word

December 03, 2018

Cara Mengoreksi Ejaan Tata Bahasa Indonesia di Word - Selamat Datang Di IMAMKUNBLOG - Hello sobat semuanya pada kesempatan kali ini saya ingin membagi sedikit ilmu lagi mengenai Microsoft Word untuk sobat-sobat semuanya. Ketika sobat dalam pengetikan di Word pasti tanpa disengaja terdapat kesalahan dalam pengetikan tata bahasanya, walaupun itu tidak terlalu banyak kata yang salah, tetapi alangkah baiknya semua tata bahasanya dalam keadaan benar.


Cara Mengoreksi Ejaan Tata Bahasa Indonesia di Word

Dan juga pada saat sobat dalam membuat surat-surat resmi yang penting, ataupun skripsi kuliah, ataupun yang lainnya alangkah baiknya sobat melakukan pengetikan tanpa ada kesalahan dalam kata-katanya walaupun itu hanya beberapa kata yang salah. Jika terdapat ada kata yang salah ya bisa dipastikan sobat akan mendapatkan poin penilaian yang kurang dan tidak dianggap professional dalam penulisan.

Baiklah, hari ini saya IMAM akan membantu sobat semuanya untuk mengoreksi tata bahasa yang salah pada Microsoft Word. Pada dasarnya kata-kata yang salah akan otomatis memiliki garis gelombang berwarna merah pada tata bahasa yang salah terebut.

Baiklah tidak usah lama lagi, sobat ikuti langkah-langkahnya sampai habis ya dibawah ini.

NOTE: Cara ini dapat digunakan untuk semua Versi Microsoft Word

1. Pertama adalah kita harus mendownload terlebih dahulu Kumpulan Kata Bahasa Indonesia [Download Disini]

2.  Jika sudah sobat Download maka selanjutnya adalah Sobat Pindahkan file kamus bahasa indonesia yang sudah didownload tadi ke direcori berikut ini.

Sebelum itu untuk memasukki Direktorinya sobat harus menampilkan file yang tidak tertampil pada direktorinya dengan caranya Pada Tab View, Sobat Pilih Hidden Items. Seperti gambar dibawah ini.



Jika sudah mengikuti gmabar diatas, maka selanjutnya sobat masuk ke direktori dibawah ini.

C:\Users\Nama_User\AppData\Roaming\Microsoft\Uproof
(Contohnya seperti gambar dibawah ini)



 3. Jika sobat sudah mengikuti langkah-langkah diatas, maka selnajutnya sobat piih Tab File Pada microsoft Word.

4. Jika sudah maka pilih Options > Maka akan muncul jendela baru pop-up

5. Kemudian sobat pilih "Proofing" >> "Custom Dictionaries" (Seperti dibawah ini)



6. Selanjutnya Pilih "Add"



7. selanjutnya sobat masuk ke directori UProof dan sobat pilih File Kamusnya dan klik open (seperti dibawah ini)



8. Jika sudah maka klik "OK"

9. dan klik ok lagi pada jendela Pop-upnya

10. Selanjutnya kembali ke Word pilih >> Review >> Klik Language >> dan pilih set Proofing Language. (seperti dibawah ini)




11. Jika sudah nantinya akan ada jendela pop-up lagi. Jika sudah muncul maka pilih "US" dan klik OK (seperti dibawah ini.



Jika sobat sudah melakukan cara-caranya sesuai dengan tulisan diatas, maka selanjutnya adalah kita coba mengoreksi tata bahasa indonesia yang ingin direksi. Jika tutrialnya berhasil maka akan ada garis gelombang warna merah pada kata yang salah.




Nah sekian untuk tutorial kali ini "Cara Mengoreksi Ejaan Tata Bahasa Indonesia Di Microsoft Word". Saya harap tutorial kali ini bermanfaat bagi sobat semuanya. Jangan lupa nantikan artikel mengenai microsoft word lainnya di IMAMKUNBLOG. Jika sobat mengalami kebingungan sobat bisa bertanya di komentar dibawah.

Happy Blogging!!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe

Tunggu Bentar...