Pengertian, Sejarah, Peraturan Futsal Lengkap

April 18, 2019

Pengertian, Sejarah, Peraturan Futsal Lengkap

Selamat Datang di IMAMKUNBLOG - Hello teman-teman semuanya pada artikel kali ini saya sedikit membahas dan membagikan sedikit mengenai salah satu olahraga yang banyak digemari oleh laki-laki dan olahraga ini masih satu sekeluarga dengan permainan sepak bola yaitu Futsal. 

Futsal merupakan suatu permainan bola besar yang dimainkan dengan dua regu yang masing-masing regunya terdiri atau beranggotakan lima orang. 

Dan tujuan dari permainan futsal ini sama seperti permainan sepak bola yaitu memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak banyaknya sesuai dengan waktu permainan dari permainan Futsal.

Futsal sendiri kalau dilihat dari segi lapangan memasang sangat mencolok perbedaannya dengan lapangan sepak bola yakni lapangan futsal jauh lebih kecil dibandingkan lapangan sepak bola dan didalamnya bisa dimainnya dari 5-7 orang dan umumnya dimainkan dengan 5 orang saja untuk setiap tim/regunya. 

Permainan ini Diciptakan pada tahun 1930 Oleh Juan Carlos Ceriani Di Montevideo (uruguay). Dan permainan futsal ini sangat digemari oleh masyarakat dunia terutama para lelaki sangat menyukai permainan ini. Dan seiring waktu berjalan dan banyak yang menyukai permainan ini. 

Pada Tahun 1965 Pertandingan Futsal Pertama Kali diselenggarakan Secara Internasional dalam Piala Amerika Selatan. 

Dan badan yang untuk mengatur permainan Futsal ini adalah FIFA (Federation Internationale de Football Association) sama seperti Sepak Bola sama-sama dibawah naungan FIFA.

Untuk Diindonesia sendiri ni sob Futsal baru sangat disukai oleh masyarakat sekitar tahun 2000-an. 

Dan diindonesia Futsal sendiri di bawah naungan BFN (Badan Futsal Nasional) dan sampai sekarang Futsal merupakan olahraga yang digemari oleh masyarakat dam yang paling menyukai ini adalah dikalangan remaja, dengan permainan ini mereka bisa sambil berolahraga dan ngumpula bermain bersama teman atapun memamerkan skill didepan si do'i. 

Nah, Itulah sedikit pengertian dan sejarah singkat dari permainan Futsal. Bagiamana kira-kira ni sob sudah mengenal lebih detail belum seputar pengertian dan sejarah permainan Futsal ini. 

Jangan hanya tau memainkan Futsal saja tetapi tidak mengetahui Pengertian dan sejarahnya. Nah jika telah memehami pengertian dan sejarah singkatnya maka kita memasuki pengenalan Peraturan dalam Permainan Futsal.

Peraturan Permainan Futsal 

Nah untuk peraturan permainan Futsal harus mengikuti peraturan yang dikeluarkan oleh FIFA. Peraturan ini sudah disetujui oleh pihak-pihak yang bersangkutan didalamnya dan di kelaurkan oleh FIFA diantaranya;
  • Ukuran Lapangan
  • Lebar & Tinggi Tiang Gawang
  • Ukuran Bola, Berat dan Bahan Bola
  • Durasi Permainan dan,
  • Penggantian Permainan
Untuk Ukuran Bola permainan Futsal sendiri FIFA menggunakan bahan kulit atau bisa juga bahan lain yang diutamakan layak untuk digunakan. 

Berat Bola Sekitar 400-450 Gram, Keliling Luas Bola 62-65 cm dan Tekanan 0,4-0,6 Gram. nah itulah syrat bola yang digunakan untuk digunakan dalam permainan futsal.

Dalam Permianan Futsal ada perlengkapan yang harus digunakan untuk bermain Futsal yang telah disetujui oleh FIFA dan perlengkapan ini harus dipakai oleh setiap pemain permainan futsal, diantaranya;
  1. Menggunakan Pakaian/Seragam Tim, Untuk nomor punggung pemain harus dimulai 1-15 dan warna seragam tim harus sama dengan teman satu tim lainnya.
  2. Harus Menggunakan Celana Pendek.
  3. Menggunakan Kaus kaki yang panjang
  4. Menggunakan Pengaman kaki.
  5. Menggunakan Sepatu Futsal. 
  6. Menggunakan kaus Tangan & Celana Panjang khusus untuk Kiper.
Nah itulah Peraturan singkat yang harus dipatuhi oleh setiap pemain ataupun tim permainan Futsal. Nah setelah sobat mengenal dengan peraturan dari permainan futsal maka sobat bisa melanjutkan untuk mengenal lebih dalam lagi Yaitu Mengenai Ukuran Lapangan dan Ukuran Gawang dalam permainan Futsal.

Ukuran Lapangan Futsal

Lapangan futsal sama halnya dengan lapangan permainan sepak bola yaitu persegi panjang, tetapi yang membedakannya adalah lantai futsal biasanya dilapisi dengan rumput sintetis atau juga dengan kayu atau juga dengan terpal yang tebal dan aman. Nah untuk lebih detailnya sobat simak berikut ini:
  1. Panjang Lapangan Futsal 25-42 Meter
  2. Lebar Lapangan Futsal 13-25 Meter.
  3. Lebar Garis Putih 8 cm.
  4. Lapangan ditandai dengan garis putih sebagai untuk pembatas.
  5. Lapangan dibagi menjadi dua pada bagian tengah lapangan.
  6. Titik penalti berjarak 6 meter.
  7. Daerah lingkaran depan gawang memiliki radius sekitar 6 meter.
  8. Titik tendangan pojok 25cm disetiap sudut lapangan.
Berikut untuk ukuran Gawang permainan Futsal:
  1. Gawang harus diletakkan tepat ditengah-tengah garis gawang
  2. Gawang harus ada 2
  3. Tiang Horizontal & Vertikal memiliki diameter 8 cm
  4. Jaring gawang terbuat dari tali goni atau nilon yang dikaitkan dibelakang gawang secara fertikall dan gorizontal.
  5. Kedalaman gawang minimal 80cm bagian atas dan 100cm bagian bawah.
Nah itulah Ukuran Lapangan dan Gawang dari permainan Futsal. Nah bagaimana ni sob kira-kira sudah mememahi belum ni dari awal hingga ukuran Lapangan dan gawang futsal. Jika sudah memahami dengan baik maka selanjutnya adalah memahami Masa Permainan Futsal.

Masa/Periode Permainan Futsal

Permainan Futsal sama halnya dengan permainan Sepak bola yaitu memiliki masa 2 babak dan yang membedakannya adalah Setiap babak untuk permaian Futsal hanya 20 Menit saja. 

Dan jika terjadi seri selama permainan dengan 2 babak bisa dilanjutkan dengan diperbolehkan meminta time-out selama 1 menit dalam pertandingan.

Nah, Itulah Pengertian, Sejarah dan Peraturang Singkat Permainan Futsal. Saya harap apa yang saya tulis ini dapat membantu sobat semuanya dalam menambah ilmu dan awawasan seputar dunia olahraga dan saya minta maaf jika terdapat kesalahan dalam pengetikan artikel saya ini. Dan Selalu nantikan artikel menarik lainnya ya sobat semuanya.

Happy Blogging!!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe

Tunggu Bentar...