Cara Membuat Kode QR dengan QR Code Generator

January 20, 2020

Cara Membuat Kode QR dengan QR Code Generator
Cara Membuat Kode QR dengan QR Code Generator - Perkembangan Teknologo hari demi hari terus berkembang pesat hingga saat ini, kita sebagai manusia selalu terus mencari cara supaya segala aktifitas bisa kita lakukan dengan cepat dan praktis.

Salah satu contohnya adalah telah terciptanya teknologi kode barang atau bahasa inggrisnya barcode. Terciptanya barcode ini berfungsi supaya sebuah data dapat dibaca oleh mesin pemindai (scan), sehingga tidak perlu melakukan ketik ulang data secara manual lagi.

Seiring dengan berjalannya waktu kini barcode sudah berkembang atau versi terbaru dari barcode (kode batang), yaitu Kode QR (QR Code). QR Code hampir sama fungsinya dengan barcode. QR Code merupakan hasil evolusi dari kode batang (barcode).

Apa Itu QR Code (Kode QR) ?


Menurut wikipedia QR Code atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah hasil bentuk evolusi dari kode batang (Barcode) dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Penggunaan kode QR sudah sangat lazim di Jepang Hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih besar daripada kode batang sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang sebab dapat menampung huruf kanji. 

Kode QR telah mendapatkan standardisasi internasional dan standardisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dasasan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang.

Awalnya kode QR digunakan untuk pelacakan kendaraan bagian di manufaktur, namun kini kode QR digunakan dalam konteks yang lebih luas, termasuk aplikasi komersial dan kemudahan pelacakan aplikasi berorientasi yang ditujukan untuk pengguna telepon seluler. 

Di Jepang, penggunaan kode QR sangat populer, hampir semua jenis ponsel di Jepang bisa membaca kode QR sebab sebagian besar pengusaha di sana telah memilih kode QR sebagai alat tambahan dalam program promosi produknya, baik yang bergerak dalam perdagangan maupun dalam bidang jasa. 

Pada umumnya kode QR digunakan untuk menanamkan informasi alamat situs suatu perusahaan. Di Indonesia, kode QR pertama kali diperkenalkan oleh KOMPAS. Dengan adanya kode QR pada koran harian di Indonesia ini, pembaca mampu mengakses berita melalui ponselnya bahkan bisa memberi masukan atau opini ke reporter atau editor surat kabar tersebut.

Apa Manfaat QR Code Untuk Para Blogger?


Manfaat QR Code untuk kita terutama para Blogger tentunya banyak, salah satu manfaatnya adalah kita bisa memberikan data alamat situs, link download, data kontak, pembayaran, dll kepada para pengunjung blog yang nantinya akan di scan oleh para pengunjung blog menggunakan smartphone yang telah menyediakan fasilitas pemindai QR Code tersebut.

Cara Membuat QR Code


Untuk membuat QR Code tidalah sulit, anda bisa membuat kode QR baik menggunakan aplikasi ataupun membuat QR Code secara online Gratis di Internet. Untuk tutorial kali ini saya membuat QR Code menggunakan situs Online penyedia QR Code. Baiklah mari kita mulai!!

1. Pertama, Silahkan kunjungi the-qrcode-generator.com
2. Jika sudah dibuka, pilih "Generate" dibagian kiri. 
3. Karena disini saya ingin membuat QR code untuk situs saya maka pilih "URL" (Lihat Gambar dibawah ini)
Cara Membuat Kode QR dengan QR Code Generator
Cara Membuat QR Code (Gambar 1)
Jika anda ingin menggunakan fitur lain anda bisa menggunakan seperti "Free Text", "URL", CONTACT, dll

4. Jangan lupa masukkan alamat blog anda di bagian "Enter URL" Seperti gambar diatas.
5. Klik Save!
Cara Membuat Kode QR dengan QR Code Generator
Cara Membuat Kode QR (Gambar 2)
5. Silahkan isi nama gambarnya sesuai dengan keinginan.
6. Kemudian, pilih format PNG
7. Klik Save dan Secara otomatis gambar dengan isi kode QR anda terdownload
8. Selesai!!

Sampai disini langkah-langkah membuat Kode QR sudah selesai, dan berikut ini adalah hasil atau kode QR yang telah saya buat.
Hasil
Silahkan anda coba kode diatas dengan meng scan/memindainya menggunakan smartphone anda dan lihat hasilnya apakah berhasil atau tidak?. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Error Aw Snap di Google Chrome

Demkianlarh artikel kali ini Cara Membuat Kode QR dengan QR Code Generator. Bagaimana kira-kira menurut anda, mudah bukan? Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk anda semuanya dan nantikan artikel menarik lainnya di Imamkunblog ya!!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe

Tunggu Bentar...